MBI PPs UNG
hero

HISTORY

Sejarah Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana UNG

        Universitas Negeri Gorontalo mulai berdiri sejak tahun 1963 dan Pendidikan Bahasa Inggris sudah termasuk dikembangkan di dalamnya. Hal ini merupakan perwujudan dari semangat berlandaskan budaya lokal, perjuangan untuk selalu melakukan inovasi dan sinergitas yang berlandaskan keikhlasan. Seiring dengan perkembangan dan perubahan dinamika pendidikan di Gorontalo di mana UNG ini masih berstatus Fakultas Ilmu Pendidikan Pada Tahun 1982, kemudian berubah menjadi STKIP pada tahun 1993 berdasarkan kebijakan Pemerintah Pusat dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Seiring dengan perkembangan PT ini, maka pada tanggal 5 Februari 2001 STKIP Negeri Gorontalo berubah menjadi IKIP Negeri Gorontalo sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 19 tahun 2001, yang pada akhirnya pada tanggal 23 Juni tahun 2004 dengan nomor Surat Keputusan Presiden RI No. 54 tahun 2004 menjadi Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Perubahan-perubahan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Gorontalo. Akselerasi peningkatan mutu UNG ditandai dengan dirumuskannya visi jangka panjang UNG hingga tahun 2035 yakni “Menjadi leading university dalam pengembangan kebudayaan dan inovasi berbasis potensi regional di Asia Pasifik pada 2035”.


        Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (PSMBI) adalah sebagai salah satu program studi yang berada pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, yang telah didirikan sejak tahun 2008, dengan paying hukumnya adalah Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi tentang pendirian program studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Nomor 4605/D/T/2008 tanggal 19 Desember 2008, dan pada tanggal 11 Agustus 2011 Program Studi ini pula diperpanjang izin penyelenggaraan prodi dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 8373/D/TK-/2011. Sejarah awal berdirinya Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (PSMBI) berada pada koordinasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Sejarah berdirinya Program Studi Magister Pendidikan Bahasa di awali dengan pendirian Pendidikan Bahasa pada tahun 2006, sehingga seluruh Program S1 Pendidikan Bahasa; seperti S1 Pendidikan Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Arab, S1 Pendidikan Bahasa Jerman dan semacamnya menjadi input Program Studi ini. Namun demikian sejak berdirinya program studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris menerima alumni S1 Pendidikan Bahasa Inggris atau alumni Bahasa Inggris.


      Sampai saat ini animo masyarakat untuk studi pada program studi ini cukup signifikan meningkat. Alumni program studi ini berjumlah lebih kurang 95 orang.(data 2015).